Review Apple iPhone 13 Keren

Apple iPhone 13 Review, Satu pengurangan kecil takik, satu lompatan besar untuk iPhone! Itulah deskripsi terbaik untuk peningkatan iPhone paling kecil – Apple iPhone 13. Tetapi bahkan jika itu tidak akan membuat pemilik iPhone 12 mengantre untuk model baru, suka atau tidak, iPhone 13 masih salah satu yang paling kuat smartphone di pasar dan menjadi bestseller dalam pembuatannya.

Review Apple iPhone 13 Keren
Review Apple iPhone 13 Keren

Takik yang terkenal, pertama kali diperkenalkan kembali dengan iPhone X pada tahun 2017, menyebar hanya dalam beberapa bulan di seluruh industri smartphone, mungkin lebih cepat daripada fitur lainnya sejauh ini. Sejak itu telah berkembang menjadi tetesan, lubang pukulan, atau hilang berkat selfie pop-up atau di bawah layar. Tetapi untuk pertama kalinya dalam empat tahun, Apple telah mengecilkan ukurannya, meskipun tidak banyak, dan proses untuk menghilangkannya akhirnya dimulai. Prediksi untuk iPhone 14 sudah berjalan liar.

Adalah salah jika berfokus hanya pada ukuran takik dengan iPhone 13. Model 13 standar ini memiliki layar Super Retina XDR OLED 6,1″ dengan Dolby Vision, kini dengan kecerahan lebih tinggi, chip seluler paling kuat hingga saat ini – Apple A15 Bionic, dan tiga kamera 12MP yang mampu dengan baik – dua di belakang dan satu di depan Apple telah menggunakan sensor baru yang lebih besar untuk kamera utama dan memiliki stabilisasi pergeseran sensor dari 12 Pro Max tahun lalu telah mengalir di seluruh jajaran iPhone 13 .

Tweak lainnya termasuk penyimpanan dasar dua kali lipat, baterai yang lebih besar, dan beberapa trik perangkat lunak eksklusif untuk kamera seperti mode Sinematik dan Gaya Fotografi.

Dan hanya itu – layar yang lebih cerah dengan potongan yang lebih kecil, chipset yang lebih cepat, lebih banyak penyimpanan, lebih banyak baterai, dan sensor yang ditingkatkan pada kamera utama. Bukan upgrade yang diharapkan oleh pengguna iPhone 12, tetapi yang besar bagi siapa saja yang menggunakan iPhone generasi lama.

Sekilas spesifikasi Apple iPhone 13:

  • Body: 146.7×71.5×7.7mm, 174g; Kaca depan (Gorilla Glass), kaca belakang (Gorilla Glass), rangka aluminium; IP68 tahan debu/air (hingga 6m selama 30 menit), Apple Pay (Visa, MasterCard, bersertifikat AMEX).
  • Layar: 6,10″ Super Retina XDR OLED, HDR10, Dolby Vision, 800 nits (typ), 1200 nits (peak), resolusi 1170x2532px, rasio aspek 19,48:9, 460ppi; Gamut warna lebar, True-tone.
  • Chipset: Apple A15 Bionic (5 nm): Hexa-core (2×3.22 GHz Longsor + 4xX.X GHz Blizzard); GPU Apple (grafik 4-inti).
  • Memori: RAM 128GB 4GB, RAM 256GB 4GB, RAM 512GB 4GB; NVMe.
  • OS/Perangkat Lunak: iOS 15.
  • Kamera belakang: Lebar (utama) : 12 MP, f/1.6, 26mm, 1.7µm, dual pixel PDAF, sensor-shift OIS; Sudut ultra lebar : 12 MP, f/2.4, 120°, 13mm.
  • Kamera depan: Lebar (utama) : 12 MP, f/2.2, 23mm, 1/3.6″; Kedalaman : SL 3D.
  • Pengambilan video: Kamera belakang : [email protected]/30/60fps, [email protected]/60/120/240fps, HDR, Dolby Vision HDR (hingga 60fps), rekaman suara stereo; Kamera depan : [email protected]/25/30/60fps, [email protected]/60/120fps, gyro-EIS.
  • Baterai: 3240mAh; Pengisian cepat 20W, 50% dalam 30 menit (diiklankan), Pengiriman Daya USB 2.0, pengisian daya nirkabel MagSafe 15W, pengisian daya nirkabel cepat magnet Qi 7,5W.
  • Lain-lain: ID Wajah, akselerometer, gyro, proximity, kompas, barometer; NFC; Perintah dan dikte bahasa alami Siri, dukungan Ultra Wideband (UWB).

Kekecewaan terbesar adalah hilangnya dukungan ProMotion – kecepatan refresh 120Hz eksklusif untuk model Pro tahun ini, dan kami kira model dasar harus menunggu satu atau dua tahun sebelum diizinkan untuk memilikinya. Peningkatan fokus otomatis kamera ultrawide juga eksklusif untuk seri Pro, yang tidak terlalu bagus, tetapi itulah yang biasanya dilakukan Apple, jadi tidak mengherankan juga.

Dengan krisis chip yang sedang berlangsung, antara lain masalah produksi karena pandemi dan kurangnya sumber daya, perangkat iPhone 13 akan menghadapi berbagai penundaan dengan produksi dan pengiriman, tetapi bukankah ini terjadi setiap tahun? Baiklah…

Membuka kotak iPhone 13

Tidak banyak yang bisa dibongkar dengan iPhone 13 karena Apple telah mengeluarkan semuanya kecuali kabel USB dari kotak ritel iPhone dengan tujuan mengurangi limbah elektronik, keuntungan ekstra hanyalah bonus. Tahun ini bahkan lebih hijau dengan membuang pembungkus plastik – di mana pun pembungkus dibutuhkan, Apple telah menggunakan stiker kertas.

Jadi, di dalam kotak tipis dan ringan ini, Kamu akan menemukan iPhone 13 dan kabel USB-C ke Lightning.

Apple masih belum beralih ke USB-C di iPhone karena berbagai alasan, sebagian besar karena kompatibilitas aksesori dan limbah elektronik. Komisi UE mendesak untuk perubahan tersebut, jadi kami akan melihat iPhone terakhir yang berkemampuan Lightning atau, mengetahui Apple, iPhone terakhir dengan segala jenis port USB.

Desain, kualitas pembuatan, penanganan

IPhone 13 adalah iPhone 12 dengan tiga perubahan kecil – kamera belakang yang ditempatkan secara diagonal, potongan layar yang lebih kecil, dan bodi yang sedikit lebih berat. Karena itu, iPhone 13 masih merupakan salah satu smartphone paling cantik namun sederhana, dengan salah satu desain yang paling tahan lama dan tahan air. Oh, dan itu tiba-tiba mencengkeram!

Tidak akan ada iPhone baru tanpa setidaknya satu warna baru, dan untuk iPhone 13, itu adalah Pink. Itu datang untuk menggantikan opsi hijau keren yang diperkenalkan tahun lalu, yang menyenangkan, tetapi tidak lagi ada.

IPhone 13 berbagi banyak elemen bodi dengan iPhone 12. Bahkan, desain dan bentuknya sebagian besar sama, dengan beberapa perbedaan kecil di sana-sini. Sebagai permulaan, iPhone 13 memiliki dua kamera belakang yang disejajarkan secara diagonal, bukan vertikal.

Itu mungkin bukan pilihan desain demi perbedaan tetapi kemungkinan besar diperlukan karena sensor baru yang lebih besar pada kamera utama dan stabilisasi pergeseran sensornya.

Beranjak ke bagian depan, perubahan paling kentara adalah ukuran notch layarnya. Ini lebih pendek pada iPhone 13, tetapi jika kita ingin rewel, itu juga sekitar satu milimeter lebih tebal.

Sensor ID Wajah dan kamera depan masih sama, dan lubang suara juga merupakan speaker stereo.

Dan sementara kita melihatnya, kisi-kisi speaker sekarang menjadi komponen terpisah dengan bingkainya sendiri, bukan jaring tipis di bawah potongan. Kami tidak tahu mengapa komplikasi ini diperlukan, tetapi kami berharap ini yang terbaik.

IPhone 13 persis sebesar iPhone 12, tentu saja, tetapi karena baterai yang lebih besar dan komponen yang berbeda, sekarang lebih berat 10 gram dan lebih tebal 0,3 mm. Bobot ekstra baik-baik saja, kami selalu menghargai lebih banyak baterai, tetapi kumis dengan ketebalan baru ini akan bermasalah untuk menggunakan kembali casing iPhone 12.

Sekarang setelah kita melihat iPhone baru dan lama, mari kita lihat lebih dekat iPhone 13 berwarna pink ini.

Ini memiliki Perisai Keramik datar di bagian depan, yang menutupi panel Super Retina XDR OLED 6,1 inci. Bezelnya sama seperti pada iPhone 12, notchnya lebih kecil, sedangkan kecerahan layarnya kini bisa mencapai 800 nits. Perisai telah terbukti cukup kokoh di iPhone 12, dan kami berharap itu sama bagusnya dengan iPhone 13.

Bagian belakang iPhone 13 ditutupi oleh kaca tempered datar yang dibuat oleh Corning. Logo Apple ada di sini, tentu saja, dan dicerminkan seperti biasa.

Kotak kamera menonjol seperti sebelumnya, tetapi lebih tebal dari pada iPhone 12, dan model baru lebih banyak bergoyang saat diletakkan di atas meja.

Ada dua cincin kamera di atas kaca persegi itu, dan dua penutup kristal safir untuk lensa memanjang di atas cincin logam tersebut. Seperti biasa, model non-Pro memiliki panel belakang glossy dan titik kamera matte, sedangkan model Pro sebaliknya.

Selain dua kamera 12MP, di sini Kamu juga dapat melihat lampu kilat LED ganda dan salah satu mikrofon.

Di sinilah Kamu mendapatkan peringatan biasa kami tentang meninggalkan iPhone 13 di atas meja kaca atau lebih buruk lagi, menumpuknya di ponsel/tablet lain. Penutup lensa akan mudah menggores kaca atau ponsel/tablet teman Kamu.

Salah satu hal yang kita semua sukai dari seri iPhone 12, dan sekarang di iPhone 13 juga, adalah bingkai datar. Mereka menawarkan cengkeraman yang luar biasa, dorongan besar pada iPhone 11s yang melengkung, yang tidak mungkin diangkat dari meja jika digunakan tanpa kasing. Dan mereka membiarkan iPhone berdiri sendiri, apa pun nilainya.

IPhone 13 memiliki bingkai aluminium dengan finishing matte yang disemprot dengan warna pink yang sama dengan bagian belakangnya. Model Pro menggunakan bingkai baja tahan karat yang dipoles hingga sempurna untuk memamerkan kemewahannya.

Bagian kiri iPhone 13 memiliki banyak barang – peredam ada di sini, diikuti oleh tombol dua volume, dan akhirnya, Kamu dapat melihat baki nanoSIM.

Sisi kanan memiliki tombol Samping yang panjang, yang memiliki banyak fungsi – mengunci/membuka kunci, aktivasi Siri, dan pemanggilan Apple Pay.

Terakhir, sisi bawah menampung corong, port Lightning, dan speaker stereo kedua.

IPhone 13 sepenuhnya kedap air – memiliki peringkat IP68 untuk ketahanan terhadap debu dan air, tetapi Apple menjanjikannya dapat bertahan selama 30 menit di air sedalam 6 meter, yang melampaui spesifikasi IP68 tradisional. Ingat, telepon kedap air hanya dari air bersih, jika tidak dinyatakan lain, dan air laut/air asin apa pun tidak baik untuk telepon Kamu dan kemungkinan besar akan berakhir.

Menangani iPhone 13 adalah salah satu pengalaman terindah yang kami miliki dengan smartphone sejak, yah, iPhone 12. Ini sangat cengkeraman, memberikan keseimbangan sempurna antara ukuran kompak dan layar ramah multimedia, dan tipis dan ringan dengan baik tanpa menyerah pada daya atau kapasitas baterai (sejauh nomor iPhone biasa digunakan).

Apple selalu menempatkan lapisan oleophobic pada panel kacanya, dan iPhone 13 tidak berbeda. Berkat lapisan ekstra ini, noda akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menumpuk dan kemudian cukup mudah dibersihkan – satu lap dengan telapak tangan atau baju biasanya sudah cukup.

Dari segi desain, tidak ada yang akan kami ubah pada iPhone 13. Ini adalah salah satu smartphone paling seimbang di pasar, salah satu yang paling kokoh dan paling terlindungi juga, dan kami sangat menyukainya.

Satu layar OLED Dolby Vision 6,1″ yang cerah

Apple iPhone 13 memiliki layar Super Retina XDR OLED 6,1 inci, ukuran yang sama dengan iPhone 12. Ini mendukung HDR10 dan Dolby Vision tetapi menampilkan beberapa pembaruan seperti takik yang dikurangi dan panel yang lebih cerah. Sayangnya, mode ProMotion 120Hz eksklusif untuk iPhone 13 Pro dan Pro Max.

Panel OLED memiliki 1.170 x 2.532 piksel atau 460ppi. Itu dilindungi dengan kaca Perisai Keramik datar oleh Corning.

Jadi, layar iPhone 13 mendukung kecepatan refresh standar 60Hz, sedangkan sensor sentuh harus bekerja dengan sampling 120Hz. Panel mendukung HDR10 dan Dolby Vision, panel ini menawarkan kecerahan maksimum khas 800nits dan kecerahan puncak 1.200 nits saat menonton konten HDR.

Layar iPhone 13 juga mendukung penyesuaian True Tone, Wide Color, dan memiliki fitur Haptic Touch yang disediakan oleh Taptic Engine yang tangguh.

Kami telah menyelesaikan pengukuran tampilan biasa kami, dan kami menangkap 802nits kecerahan maksimum. Kecerahan minimum sangat rendah pada 1,7 nits.

Tidak ada peningkatan Kecerahan Otomatis pada iPhone mana pun, tetapi itu dapat dimengerti – Apple selalu mengizinkan penggunanya untuk menggunakan kecerahan maksimum jika mereka merasa membutuhkannya.

Panel iPhone 13 memiliki akurasi warna yang luar biasa – kami mengukur deltaE rata-rata 1,6 terhadap target sRGB. Panel sepenuhnya mendukung DCI-P3, dan secara otomatis beralih ke gamma ini ketika konten DCI-P3 dikirim ke layar.

Layar Apple iPhone 13 melakukan sesuatu yang hanya dilakukan oleh beberapa layar – ia mempertahankan akurasi warna sempurna yang sama di semua tingkat kecerahan, bahkan pada titik terendah 1,9 nits!

Pembaruan layar terbesar iPhone 13 adalah takik yang lebih kecil dan kecerahan yang lebih tinggi. Pengurangan potongan tersebut tidak sebesar yang diharapkan beberapa orang, tetapi ini adalah awal dari sebuah proses yang pada akhirnya akan mengarah pada kepunahannya. Dan sudah waktunya!

Daya tahan baterai

Apple iPhone 13 mengemas baterai 3.240mAh – peningkatan 15% yang sangat disambut baik dari iPhone 12. Apple menjanjikan setidaknya 2 jam tambahan pemutaran video dan hingga 4 jam tambahan waktu streaming video dibandingkan dengan iPhone 12.

Dan kami memang mendapatkan hasil yang lebih baik! Dibandingkan dengan iPhone 12, iPhone 13 mencatat 3 jam tambahan pada penjelajahan web dan hampir 4 jam lagi pada pengujian video kami. Panggilan yang membosankan dan pertunjukan siaga dibagikan di seluruh iPhone dan karenanya peringkat daya tahan yang lebih rendah dari perkiraan yaitu 89 jam.

Kecepatan pengisian

Pengisian daya Apple tidak berubah sejak seri iPhone 12. Spesifikasi resmi Apple tidak jelas tentang daya pengisian maksimum yang dapat dicapai ponsel iPhone 13 dengan adaptor bertenaga USB-PD, tetapi tes menunjukkan pengisian cepat iPhone 13 maksimal pada 23W. Apple menawarkan pengisi daya USB-PD 20W sebagai pembelian tambahan. Ini adalah pengisi daya USB-PD standar dengan port USB-C, jadi Kamu bisa mendapatkan pengisi daya USB-PD pihak ketiga sebagai gantinya – ada opsi yang lebih ringkas dan lebih murah di luar sana.

IPhone 13 juga mendukung pengisian nirkabel cepat. Untuk mencapai maksimum 15W, Kamu perlu menggunakan pengisi daya MagSafe Apple, jika tidak, semua yang kompatibel dengan Qi dapat digunakan untuk pengisian daya 5W-7W yang lambat.

Jadi, jika Kamu mencolokkan iPhone 13 ke pengisi daya 20W Apple, itu akan mengisi ulang 54% baterai mati dalam waktu setengah jam. Jika Kamu menghubungkannya ke pengisi daya MagSafe – maka Kamu akan mendapatkan 32% dalam 30 menit.

Kenyaringan dan kualitas pengeras suara

IPhone 13 menawarkan speaker kuat yang sama dengan smartphone iPhone 12. Speaker pertama berada di dalam takik dan juga berfungsi sebagai lubang suara bila perlu, sedangkan yang lainnya berada di bagian bawah di sebelah port Lightning.

Speaker mendukung audio spasial dan Dolby Atmos, dan kami tahu kami telah mengatakan ini sebelumnya, tetapi output terdengar persis seperti yang dijanjikan – kurang terarah dan lebih spasial dibandingkan dengan ponsel lain.

IPhone 13 mencetak tanda Sangat Bagus lainnya untuk Apple, dan kita harus mengagumi konsistensi ini.

Kualitas audio diharapkan luar biasa – ada bass yang bagus, nada tengah yang indah, dan nada tinggi yang luar biasa juga. Memang, iPhone 13 memiliki salah satu speaker stereo terbaik yang dapat ditawarkan smartphone saat ini.

Apple iOS 15 di iPhone 13

Semua iPhone baru hadir dengan Apple iOS 15 di luar kotak. Ini bukan pembaruan besar pada iOS 14, tetapi itu melengkapi banyak bentuk elemen UI seperti menu pengaturan dan ikon, pemberitahuan, tombol. Versi baru ini sangat meningkatkan FaceTime dan Pesan, Manajemen notifikasi, browser Safari (sekarang dengan ekstensi), Wallet, dan Maps. Itu juga membuat Foto dan Sorotan menjadi lebih cerdas, sementara aplikasi Kamera sekarang dapat membaca dan memungkinkan Kamu menyalin teks secara real-time.

Mari kita lihat lebih dekat iOS 15 iPhone 13 sekarang. Antarmukanya masih didasarkan pada layar beranda yang diisi dengan aplikasi dan widget, Pustaka Aplikasi untuk aplikasi Kamu yang kurang penting, dan Pusat Pemberitahuan dan Kontrol.

Layar kunci di iOS 15 tetap utuh – satu dengan Pusat Pemberitahuan dan menampung pemberitahuan Kamu (opsi privasi tersedia), ditambah pintasan untuk senter dan kamera. Kamu dapat melewatinya melalui ID Wajah atau PIN jika Kamu memilih untuk membuka kunci dengan aman.

Aplikasi Kamu biasanya mengisi layar beranda dan widget. Ada dua layar khusus – paling kiri adalah halaman Today, sedangkan halaman paling kanan – App Library.

Kamu untuk menyembunyikan layar beranda tertentu – Kamu mungkin memiliki halaman yang penuh dengan permainan dan bersembunyi saat bekerja atau menyembunyikan halaman aplikasi kerja/sekolah saat berlibur. Kamu tidak dapat memilih keluar dari Perpustakaan Hari Ini dan Aplikasi.

Apple iOS 15 memiliki opsi Fokus baru, yang beralih di antara berbagai mode seperti Work, Personal, Driving, Gaming, Do Not Disturb, antara lain, dan sekarang merupakan cara terbaik untuk menyembunyikan/menampilkan halaman homescreen secara otomatis. Kami akan membahasnya sebentar lagi.

Jika Kamu tidak menyukai Perpustakaan Aplikasi, Kamu dapat terus menggunakan iOS 15 dengan cara lama dan mengabaikan fitur tersebut sepenuhnya. Namun, tidak ada opsi untuk menonaktifkan halaman Perpustakaan Aplikasi.

Widget dapat ditempatkan di salah satu homescreens dan halaman Today, dan mereka dapat hidup berdampingan dengan ikon aplikasi. Ada tiga ukuran widget yang didukung oleh iOS 14 – 2×2, 4×2, dan 4×4.

Kamu dapat menumpuk widget dengan ukuran yang sama di atas satu sama lain. Setelah Kamu memiliki tumpukan, Kamu dapat meminta OS secara otomatis memilih widget mana yang paling relevan untuk muncul ke atas tumpukan secara otomatis. Atau Kamu juga dapat membolak-balik tumpukan secara manual dengan menggesek ke atas atau ke bawah hingga Kamu menemukan widget yang Kamu butuhkan. Dan kami menyukai widget bertumpuk – ini benar-benar menghemat ruang – terutama jika Kamu menggabungkan widget yang sering digunakan di bagian atas dengan widget yang lebih jarang digunakan di tumpukan di bawahnya.

Perpustakaan Aplikasi adalah laci aplikasi, yang selalu merupakan panel layar beranda paling kanan Kamu. Aplikasi ditambahkan secara otomatis ke Perpustakaan Aplikasi setelah penginstalan. Penyortiran juga merupakan proses otomatis, dan Kamu tidak dapat mengedit kategori atau memindahkan aplikasi dalam kategori yang berbeda. Penyortiran aplikasi bergantung pada tag App Store yang digunakan pengembang saat mengunggah aplikasi.

Pustaka Aplikasi hanya memiliki tiga pengaturan – Tambahkan aplikasi baru ke Layar Beranda dan Pustaka Aplikasi, Tambahkan ke Pustaka Aplikasi saja, dan Tampilkan Lencana Pemberitahuan di Pustaka Aplikasi. Itu dia.

Perpustakaan Aplikasi adalah tempat Kamu akan membuang aplikasi yang paling jarang digunakan untuk mati.

Halaman Hari Ini masih hidup, tetapi hampir tidak. Kamu meletakkan widget dan tumpukan yang sama di layar beranda Kamu. Di sini Kamu juga dapat menggunakan widget pihak ketiga lama yang belum dioptimalkan untuk versi iOS yang lebih baru. Widget lama datang tepat setelah yang baru, jika Kamu memilih untuk menggunakan beberapa yang baru, tentu saja.

Pusat Pemberitahuan dipanggil dengan sapuan dari tanduk kiri atau takik. Panel disatukan dengan layar kunci di iOS 11, dan itulah mengapa Kamu dapat memiliki wallpaper berbeda di layar beranda dan pusat notifikasi.

Pusat Kontrol, yang memiliki sakelar yang dapat disesuaikan dan (beberapa) dapat diperluas, dipanggil dengan sapuan dari tanduk kanan. Kamu dapat menggunakan sentuhan haptic untuk mengakses kontrol tambahan. Dan persentase baterai juga ada di sini.

Gerakan navigasi tetap sama seperti pada iPhone X. Gesek ke atas dari garis bawah untuk menutup aplikasi, geser dan berhenti di tengah jalan untuk pengalih tugas, geser dari sisi layar untuk maju dan mundur. Kamu juga dapat menggesek garis ke kiri atau kanan untuk beralih ke aplikasi yang baru saja Kamu gunakan secara instan.

Back Tap adalah pintasan aksesibilitas yang keren. Ini mengenali ketukan dua kali dan tiga kali di bagian belakang telepon, dan Kamu dapat menetapkan apa pun yang Kamu suka. Kami memilih ‘Ambil tangkapan layar’ dan ‘Pusat Kontrol’, tetapi itu terserah Kamu.

Ada Mode Gelap di seluruh sistem. Kamu dapat mengaktifkannya secara manual atau menjadwalkannya dari dalam Pengaturan Tampilan, dan beralih ke latar belakang serba putih gelap di iOS. Mode Gelap memengaruhi semua aplikasi sistem tetapi juga aplikasi yang mengandalkan latar belakang sistem. Kamu juga dapat memeriksa opsi untuk menggelapkan wallpaper layar beranda saat dalam Mode Gelap.

Beberapa hal baru yang datang dengan Apple iOS 15 termasuk layanan FaceTime yang lebih baik, mesin pencari Spotlight yang lebih cerdas, mode Fokus, browser Safari dan aplikasi Cuaca yang ditingkatkan, dan banyak lagi.

Aplikasi FaceTime baru semakin terlihat seperti Zoom, dan sekarang mendukung tampilan Grid! Ini memiliki antarmuka yang lebih bersih, mendukung kekaburan latar belakang, audio spasial, dan yang paling penting – ini dapat melakukan panggilan konferensi, dan pengguna non-Apple juga dapat bergabung dengan kesenangan, dengan menggunakan tautan undangan dan browser web Chrome of Edge.

Pengguna Apple dapat meningkatkan mikrofon mereka dengan Isolasi Suara atau Spektrum Lebar dan membiarkan orang lain mendengarnya dengan lebih baik.

Notifikasi mendapat perombakan desain dan beberapa fitur baru. Tampilan notifikasi di-tweak untuk visibilitas yang lebih baik, seperti ikon kontak yang lebih besar, dan notifikasi iOS akan lebih terperinci.

Kamu dapat mengatur profil “Fokus” yang memfilter pemberitahuan prioritas saat Kamu bekerja atau bermain game, misalnya, dan itu juga akan memberi tahu orang-orang jika mereka dapat menghubungi Kamu. Selain memfilter notifikasi dan panggilan, setiap mode Fokus dapat dikonfigurasi untuk menampilkan/menyembunyikan layar beranda tertentu, meredupkan layar kunci, dan menjadwalkan atau memicu mode ini dengan peristiwa tertentu. Ada beberapa mode Fokus yang telah ditentukan sebelumnya – Jangan Ganggu, Mengemudi, Malam, Kerja, Kesenangan, tetapi Kamu juga dapat menambahkan Permainan, Kebugaran, Membaca atau membuat yang sepenuhnya khusus.

Dan karena mode Fokus memfilter notifikasi berdasarkan kepentingan, ada opsi Ringkasan Notifikasi baru yang menunjukkan satu ubin dari notifikasi tidak penting yang dikumpulkan daripada serangkaian panjang notifikasi yang terlewat. Itu dapat dijadwalkan untuk muncul beberapa kali per hari.

Peramban web Safari telah melihat peningkatan yang cukup. Pertama, bilah alamat sekarang ada di bagian bawah layar, mudah diakses, dan Kamu dapat menggeseknya ke kiri atau kanan untuk beralih tab (dalam mode potret) seperti halnya Kamu menggulir cepat antar aplikasi melalui gesekan pada jalur yang terkenal. Bilah alamat menyembunyikan otomatis saat Kamu mulai menggulir, tentu saja.

Browser sekarang mendukung ekstensi; Kamu dapat mengunduhnya dari App Store.

Aplikasi Weather memiliki antarmuka baru, dan mendukung peta cuaca.

Apple Wallet mendapat dukungan untuk jenis kunci baru, seperti kunci kamar Rumah dan Hotel. Apple telah bermitra dengan Hyatt Hotels, memungkinkan Apple Wallet menyimpan kunci hotel dan menggunakannya untuk memasuki kamar. Hotel dapat memilih kapan harus mengaktifkan kunci.

Apple Wallet akan dapat menggabungkan teknologi UWB untuk bekerja dengan kunci mobil pintar – secara otomatis membuka kunci mobil yang didukung dan memungkinkannya untuk memulai tanpa perlu mengeluarkan iPhone.

Terakhir, pengguna di negara bagian AS yang didukung akan dapat menambahkan Kartu Identitas mereka ke Wallet dan menggunakannya untuk melewati pos pemeriksaan keamanan tertentu, seperti di bandara.

Siri – asisten digital Apple – digunakan oleh 400+ juta orang setiap bulan. Kamu memanggilnya dengan menahan tombol ‘samping’ (tombol Daya). Kamu dapat melakukan segala macam hal dengan Siri – mulai dari pertanyaan dan terjemahan melalui pengaturan pengingat dan mengirim balasan hingga meminta reservasi atau tiket, petunjuk arah, dan yang lainnya. Siri Knowledge juga memungkinkan iPhone Kamu mengenali item dan tengara di galeri Kamu.

Pintasan Siri tersedia dalam aplikasi mandiri. Kamu dapat menetapkan pintasan ke banyak hal sehingga perlu banyak halaman untuk menggambarkannya. Kamu dapat membuat skrip hampir semua hal yang tersedia di iOS itu sendiri, banyak hal dari dalam aplikasi sistem, dan beberapa tindakan lanjutan dari aplikasi terkenal seperti YouTube atau Facebook. Opsi skrip juga tersedia di berbagai aplikasi sistem, memungkinkan Kamu untuk mengaktifkan pengingat, memulai panggilan, dan beralih ke mode notifikasi yang berbeda melalui acara skrip.

Mode PiP atau Picture-in-Picture akhirnya diperkenalkan dengan iOS 14. Ini melakukan persis seperti namanya – meminimalkan video Kamu yang sedang diputar dalam pop-up yang melayang di atas UI iOS atau aplikasi lain.

PiP didukung di Apple TV, Podcast, Safari, FaceTime, iTunes, Home, YouTube, dan aplikasi pihak ketiga lainnya yang memilih untuk menambahkan dukungan untuknya.

Pustaka aplikasi Foto memiliki empat tampilan berbeda – Tahun, Bulan, Hari, dan Semua Foto. Tab Hari, Bulan, dan Tahun menggunakan apa yang dianggap AI sebagai gambar terbaik secara sekilas, dan dengan cara ini, semua kekacauan akan difilter – Kamu tidak akan melihat tangkapan layar, catatan, atau bahkan duplikat. Saat Kamu menggulir gambar Kamu dalam tiga kategori ini, semua foto dan video langsung akan diputar secara otomatis (dibisukan). Selain itu, foto atau video terbaik Kamu akan ditampilkan dalam gambar mini yang lebih besar.

Opsi pencarian bertenaga AI dan mode edit foto dan video yang kuat tersedia, seperti biasa.

Aplikasi Foto memiliki tiga fitur baru, bagian dari pembaruan iOS 15. Yang pertama adalah album baru berjudul Dibagikan dengan saya, di mana Kamu akan menemukan gambar yang dibagikan dengan Kamu di iMessages.

Apple telah meningkatkan fitur Memori dengan membuatnya lebih cerdas dan kuat – algoritme memilih foto dan video (langsung) terbaik dan membuat film pendek, yang sekarang menggunakan koreksi warna dan kontras otomatis untuk tampilan yang konsisten dan integrasi fitur dengan Apple Music oleh memilih lagu yang relevan secara otomatis untuk film tersebut. Kamu dapat mengedit film yang dibuat secara otomatis ini nanti, tentu saja.

Terakhir, aplikasi Foto menawarkan informasi mendetail untuk setiap foto – info EXIF ??lengkap dan lokasi di peta.

Aplikasi TV adalah bagian dari iOS 15, dan ini adalah pemutar video default Kamu untuk film dan acara yang disimpan secara lokal yang telah Kamu tambahkan melalui iTunes. Ini juga merupakan toko digital untuk film dan acara TV, dan juga merupakan tempat Kamu menemukan layanan streaming Apple TV+. Sedikit berlebihan, tetapi Kamu akan terbiasa pada akhirnya.

Musik adalah pemutar default, dan sangat bergantung pada Apple Music. Tetapi bahkan jika Kamu memutuskan untuk tidak menggunakan layanan streaming, itu masih dapat melakukan pekerjaan yang sangat baik jika Kamu memiliki beberapa menit untuk menambahkan lagu Kamu melalui iTunes. Secara realistis, menambahkan trek musik melalui iTunes membutuhkan klik sesedikit yang diperlukan untuk menyalinnya melalui Windows Explorer, jadi tidak ada biaya tambahan. Persyaratan untuk mengunduh dan menginstal iTunes di tempat pertama, bagaimanapun, dapat membuat pengguna PC Windows tidak nyaman.

Aplikasi Kamera sekarang mendukung fitur Teks Langsung – jika Kamu mengarahkan kamera ke teks, ikon teks akan muncul – jika Kamu mengetuknya, Kamu akan dapat (memindai dan) menyalin atau mencari teks yang Kamu lihat. Rapi!

Buku ada di sini untuk dokumen, PDF, dan eBuku Kamu. Saham dan Berita ada di dalamnya. Safari adalah peramban web default Kamu, dan ia memiliki pengelola Unduhan dan beberapa opsi privasi yang ditingkatkan yang akan kita bicarakan sebentar lagi.

Apple Maps telah menjadi sangat kuat dan kaya fitur selama bertahun-tahun. Beberapa fungsi sorotan terbaru termasuk petunjuk arah bersepeda, info ketinggian, faktor perutean EV baru, panduan dan rekomendasi yang ditingkatkan. Kamu bahkan dapat melihat kamera kecepatan dan kamera lampu merah di beberapa area.

Aplikasi Maps di iOS 15 telah ditingkatkan dengan panduan AR saat menggunakan transportasi umum untuk orientasi yang lebih mudah.

Kamu dapat mengubah browser default dan klien email Kamu sejak iOS 14, tetapi sayangnya Kamu tidak dapat melakukannya dengan aplikasi Maps Kamu.

Akhirnya, Apple Pay hadir, tentu saja, dan Masuk dengan Apple didorong di mana-mana. Kamu dapat menggunakan ini untuk masuk dengan cepat ke aplikasi dengan akun Apple Kamu, mengautentikasi dengan FaceID dan dengan autentikasi dua faktor disertakan. Apple akan mengirimkan aplikasi ID acak yang unik. Jika app meminta alamat email Kamu, Kamu dapat memilih untuk memberikannya email Kamu yang sebenarnya atau email acak yang dibuat secara otomatis oleh Apple untuk Kamu dengan penerusan bawaan.

Beberapa fitur iOS 15 mendatang yang akan diunggulkan akhir tahun ini antara lain SharePlay, App Privacy Report, dan CSAM Detection .

SharePlay memungkinkan Kamu menggunakan, mendengarkan, atau menonton konten dengan peserta FaceTime lainnya. Kamu dapat membagikan trek Apple TV+ atau Apple Music apa pun melalui panggilan FaceTime. Kamu juga dapat menonton atau mendengarkan melalui AirPlay di TV yang kompatibel dengan AirPlay.

Laporan Privasi Aplikasi adalah sesuatu yang sudah lama diketahui oleh pengguna Android – Kamu akan dapat melihat aplikasi mana yang memiliki akses dan telah menggunakan akses tersebut ke mikrofon, kamera, lokasi, dan foto Kamu.

Terakhir, Deteksi CSAM akan hadir dengan beberapa fitur keamanan anak dalam Pesan dan foto iCloud – ini akan melacak konten eksplisit, mengaburkannya, dan mengeluarkan layar peringatan dan peringatan ke akun induk.

Performa dan tolok ukur

Chip Apple A15 Bionic terbaru mendukung semua model iPhone 13. Ini adalah chip Apple 5nm kedua (proses TSMC 5nm generasi kedua) dan mengemas 15 miliar transistor – itu 27% lebih banyak dari A14 dalam ponsel iPhone 12.

Chip A15 yang baru masih mengandalkan prosesor hexa-core dengan 2 core Avalanche besar dengan clock 3.23GHz dan 4 core Blizzard kecil yang bekerja pada 1.82GHz. Prosesor yang ditingkatkan harus memberikan kinerja 50% lebih tinggi daripada pesaing, apa pun artinya (Snapdragon 865 mungkin?).

Ada GPU Apple 5-core yang ditingkatkan untuk model Pro dan GPU Apple 4-core untuk perangkat non-Pro seperti iPhone 13 kami di sini.

A15 baru juga memiliki Mesin Neural 16 inti baru, yang mendukung fitur-fitur seperti pengenalan suara dan gambar di perangkat serta tugas-tugas pembelajaran mesin tingkat lanjut lainnya. Selain itu, ada ISP baru, dua kali jumlah cache, serta mesin tampilan baru dan pembuat enkode dan dekoder video baru.

IPhone 13 memiliki RAM 4GB, sedangkan model Pro menikmati RAM 6GB.

Apple A15 Bionic juga dilengkapi dengan modem Qualcomm X60 5G.

Kami menjalankan aplikasi benchmark biasa, dan seperti yang diharapkan, prosesor Apple A15 Bionic tampaknya menjadi yang terbaik di dunia, bermil-mil di depan para pesaing. Ini menawarkan peningkatan 15% dari A14 dalam kinerja multi-core dan lompatan 10% dalam operasi single-core.

Kinerja chip Apple yang baru tidak pernah menjadi salah satu alasan untuk meningkatkan. Tentu, ini adalah chip seluler tercepat di dunia, dan jika ini adalah ponsel Android, itu berarti dunia. Tapi tidak. Chipset Apple selalu terdepan, dan penggunaan penuhnya biasanya terjadi dalam beberapa tahun, jadi apakah itu A15, A14 atau bahkan A13 – itu tidak terlalu penting. Yang penting adalah fitur-fitur baru yang diaktifkan SoC, seperti Mode Sinematik dan Dolby Vision pada pengambilan gambar 60fps pada A15, Deep Fusion pada A14, dll.

Jadi, jika menyangkut game, iPhone 13 sempurna tanpa cacat, dengan kualitas visual luar biasa dan tanpa gangguan.

Kami juga menjalankan tes stabilitas CPU dan GPU seperti yang kami lakukan untuk semua ulasan kami belakangan ini.

Pertama, kami menjalankan CPU stress test (APSI Bench) selama 30 menit. Sistem pendingin memungkinkan CPU untuk mempertahankan 78% dari kinerja maksimumnya, yang luar biasa untuk ponsel kaca tipis seperti itu.

Kemudian, kami menjalankan Tes Stres GPU melalui aplikasi 3D Mark Wild Life. IPhone 13 melambat hingga 63,2% dari kinerja maksimumnya saat bekerja pada 100% selama 20 menit – tidak menginspirasi tetapi masih merupakan angka yang bagus. Dan itu tidak jatuh lebih jauh, kami menjalankan tes ini selama dua jam, dan dalam 40-50 menit itu benar-benar naik menjadi 75% dan stabil di sana .

Telepon tidak menjadi panas yang tidak menyenangkan selama tes stres ini, tetapi menjadi terasa hangat.

Leave a Comment