3 Cara Membuat Kinerja Android Semakin Cepat

Android adalah sistem operasi yang telah menarik banyak minat. Penggunanya saat ini berkembang di seluruh dunia karena berbagai fiturnya. Beragam fitur unggulan dan performa cerdas memang menjadi kelebihan dari sistem operasi ini. Google pun terus meningkatkan performa dengan terus memperbarui rangkaian sistem operasi ini.

Cara Membuat Kinerja Android Semakin Cepat
Cara Membuat Kinerja Android Semakin Cepat

Smartphone Android dapat melakukan apa yang diperintahkan penggunanya. Mulai dari mengecek email di internet, mendengarkan musik, mengambil foto hingga mengontrol suhu ruangan dengan remote control. Namun, siapa yang mengira bahwa banyak versi Android bisa saja mengalami lemot/lambat.

Performa yang lambat ketika membuka aplikasi ponsel atau beralih antar layar merupakan hal yang tidak nyaman bagi kita. Jadi, apakah perlu mengganti perangkat Android Anda? Jawabannya tidak. Ada banyak cara untuk membuat Android Anda berjalan lancar kembali.

1. Bersihkan Ruang Penyimpanan Internal

Jika Anda tidak pernah membersihkan ponsel Anda maka hasilnya adalah penyimpanan internal menjadi lebih kecil karena lebih banyak data yang terkumpul di dalamnya. Seperti halnya, mengunduh file film akan secara otomatis menyimpan file tersebut ke folder Unduhan di penyimpanan internal.

Jika tidak dibersihkan atau dihapus setelah melihat ruang penyimpanan ponsel berkurang dan kinerja Android menurun. Pilihan terbaik adalah membersihkan (menghapus) file atau data yang tidak diperlukan lagi.

Jika Anda merasa masih memerlukan file tersebut Anda dapat memindahkannya ke ruang penyimpanan eksternal (kartu memori/kartu MicroSD) untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Coba juga hapus file yang tersisa dari program yang sebelumnya Anda hapus.

2. Rajin Membersihkan Data Cache

Data cache sebenarnya bagus karena bisa menyimpan berbagai data aplikasi di penyimpanan internal. Dengan data tersimpan Anda tidak perlu banyak waktu untuk membuka aplikasi.

Sayangnya kinerja Android melambat ketika lebih banyak kapasitas data yang di-cache disimpan di penyimpanan internal karena sejumlah besar data yang di-cache juga menghabiskan ruang penyimpanan Android yang tersedia.

Oleh karena itu, rajin-rajinlah membersihkan data cache di pengaturan.

3. Pastikan SD Card Bekerja dengan Baik

Tidak semua smartphone Android hadir dengan slot memori eksternal, tetapi alasan kinerja Android yang buruk tampaknya bisa datang dari kartu SD yang rusak.

Anda harus memeriksa apakah kartu SD berfungsi dengan baik atau mentransfer kartu SD ke komputer untuk memeriksanya terlebih dahulu. Sebelum memformat kartu SD ambil cadangan untuk menghindari kehilangan data.

Leave a Comment